GEOGRAFI NEWS

GEOGRAFI NEWS : Geografi memiliki cabang ilmu, antara lain; geografi sosial, geografi ekonomi, geografi budaya, geografi politik, geografi fisik, geografi regional dan geografi teknik. GEOGRAFI NEWS : Pengertian geografi dalam arti sempit adalah ilmu tentang bumi GEOGRAFI NEWS : Geografi dalam arti luas adalah ilmu yang mempelajari tentang perbedaan dan persamaan fenomena geosfer dari sudut pandang kewilayahan dan kelingkungan dalam konteks keruangan. GEOGRAFI NEWS : Geografi memiliki 3 pendekatan, yaitu ; 1. pendekatan ekologi atau lingkungan, 2. pendekatan regional complex atau kewilayahan, 3. pendekatan spatial atau keruangan. GEOGRAFI NEWS : Geografi menerapkan 4 prinsip dasar, yaitu; 1. prinsip distribusi, 2. prinsip interelasi, 3. prinsip diskripsi dan 4. prinsip korologi. GEOGRAFI NEWS : geografi mengkaji 2 jenis objek, antara lain ; 1. objek material, 2. objek formal. GEOGRAFI NEWS : konsep geograf ; konsep jarak, konsep letak, konsep interaksi, konsep pola, konsep aglomerasi, konsep keterjangkauan, konsep defferensiasi area, konsep topografi.

Minggu, 27 September 2015

Bapak Geografi Indonesia

Geografi - Geography

Geografi mempelajari hubungan kausal gejala-gejala di permukaan bumi, baik yang bersifat fisik maupun yang menyangkut kehidupan makhluk hidup beserta permasalahannya melalui pendekatan keruangan, kelingkungan, dan regional untuk kepentingan program, proses, dan keberhasilan pembangunan. 

Definisi ini seringkali anda temukan dan disampaikan oleh guru IPS anda mulai dari SMP-SMA. Dilihat dari definisi itu  tak sembarang orang bisa merumuskan dengan mudah pastinya dikaitkan dengan para praktisi pendidikan yang mempunyai keahlian dalam bidang geografi, Siapakah beliau ? Ya, beliau adalah R. Bintarto atau lebih populer dengan nama Prof.Drs. H. R. Bintarto Guru besar UGM yang dikukuhkan pada tanggal 19/06/71 dengan pidato  pengukuhan yang berjudul Kota Yogyakarta (Suatu Tinjauan Geografi Sosial). Sedangkan definisi tentang Geografi itu sendiri di rumuskan pada tahun 1981. Walaupun sudah tiada tapi bagi seorang Mahasiswa,Guru hingga Dosen Geografi nama dan sosok beliau sudahlah tak asing lagi yang bisa dikatakan sangatlah berperan penting dalam masalah pendidikan terbukti dengan karya-karya yang seringkali menjadi rujukan sekaligus beliau mendapat berbagai penghargaan. Untuk mengenal lebih lanjut berikut adalah biografi singkat beliau :


Profil Singkat :

Nama               : Prof.Drs.H.R.Bintarto
Tempat lahir    : Purworejo
Tanggal lahir   : 10/11/29
Status               : Almarhum (18 Mei 2006 diusia 76 Tahun )
Pendidikan      : S1 Fak. Geografi, Universitas Gadjah Mada, 1957
Bidang ilmu    : Geografi Sosial (Social Geography), Ekologi Manusia (Human Ecology)


Penghargaan dan Publikasi :

a. Penghargaan

• Man of the year, dari American Biographical Institute dan memperoleh Gold Medal (Medali Emas), 1996
• Bintang Kelas I dari Presiden RI, 1987
• Certificate from Organizing Comittee ESCAP, 1985
• Penghargaan Kesetiaan 25 tahun dari UGM, 1984
• Penghargaan dari Panitia Seminar Nasional Mengenai Pembangunan Sosial dan Politik Menuju ke Arah Peningkatan Ketahanan Nasional

b. Publikasi

• Bintarto, 1971. A Glimpse of West Irian, A Geographical Viewpoint, Journal P&K Jakarta
• Bintarto, 1981. Geographycal Relevance to the Study of Development, International Congress, Japan
• Bintarto, 1982. The Problem of Growth of Yogyakarta, A Sultanate Town in Indonesia, Asian Geographic Journal
• Bintarto, 1992/1993. Urban Expansion and Social Change in Indonesia,Indonesian Journal of 
Geography
• Bintarto, 1998. Geografi Penduduk dan Demografi, Penerbit Fak. Geografi UGM




Sumber data : http://mgb.ugm.ac.id/user-menu/profile-saya/userprofile/bintarto