GEOGRAFI NEWS

GEOGRAFI NEWS : Geografi memiliki cabang ilmu, antara lain; geografi sosial, geografi ekonomi, geografi budaya, geografi politik, geografi fisik, geografi regional dan geografi teknik. GEOGRAFI NEWS : Pengertian geografi dalam arti sempit adalah ilmu tentang bumi GEOGRAFI NEWS : Geografi dalam arti luas adalah ilmu yang mempelajari tentang perbedaan dan persamaan fenomena geosfer dari sudut pandang kewilayahan dan kelingkungan dalam konteks keruangan. GEOGRAFI NEWS : Geografi memiliki 3 pendekatan, yaitu ; 1. pendekatan ekologi atau lingkungan, 2. pendekatan regional complex atau kewilayahan, 3. pendekatan spatial atau keruangan. GEOGRAFI NEWS : Geografi menerapkan 4 prinsip dasar, yaitu; 1. prinsip distribusi, 2. prinsip interelasi, 3. prinsip diskripsi dan 4. prinsip korologi. GEOGRAFI NEWS : geografi mengkaji 2 jenis objek, antara lain ; 1. objek material, 2. objek formal. GEOGRAFI NEWS : konsep geograf ; konsep jarak, konsep letak, konsep interaksi, konsep pola, konsep aglomerasi, konsep keterjangkauan, konsep defferensiasi area, konsep topografi.

Jumat, 07 Mei 2010

PETA ( MAP ) 2

A. Pengertian Peta :
Peta adalah suatu gambaran atau representasi unsur-unsur kenampakan abstrak yang dipilih dari permukaan bumi atau benda angkasa pada bidang datar yang dilengkapi dengan simbol-simbol sebagai penjelas peta.

B. Macam-macam Peta
Macam-macam peta dapat ditinjau dari jenis, skala, isi, tujuannya.
1. Ditinjau dari jenisnya
Ditinjau dari jenisnya, peta dibedakan menjadi dua, yaitu peta foto dan peta garis/grafis. Peta foto ialah peta yang dihasilkan dari mozak foto udara atau ortofoto yang dilengkapi garis kontur, nama, dan legenda. Peta garis ialah peta yang menyajikan detail alam dan buatan manusia dalam bentuk titik, garis, dan luasan.

2. Ditinjau dari skalanya
Berdasarkan skalanya, peta dapat diklasifikaskan menjadi lima, yaitu :
a. Peta kadaster, berskala 1:100 s/d 1:5.000. peta-peta tanah dan peta dalam sertifikat tanah.
b. Peta skala besar, berskala 1:5.000. s/d 1: 250.000.
c. Peta skala sedang, 1: 250.000 s/d 1:500.000. .
d. Peta skala kecil, berskala 1: 500.000 s/d 1 : 1.000.000.
e. Peta skala geografis/ kecil dari 1: 1.000.000, benua, atau dunia.

3. Ditinjau dari informasinya
a. Peta Umum/Peta Ikhtisar. = Peta umum adalah peta yang menggambarkan segala sesuatu yang ada dalam suatu daerah.
b. Peta Khusus/ Peta Tematik =. menggambarkan penampakan-penampakan tertentu dipermukaan bumi saja.



C. Unsur-unsur / komponen Kelengkapan Peta
Bagian-bagian pokok peta antara lain sebagai berikut.
1. Judul Peta.
2. Garis Astronomis.
3. Inset.
4. Garis Tepi Peta.
5. Skala Peta
6. Sumber Peta
7. Tahun Pembuatan.
8. Mata Angin.
9. Simbol Peta :
a. Simbol Titik
Terdiri atas simbol geometrik, simbol piktorial, dan simbol huruf/angka.
1) simbol geometrik adalah simbol yang menggunakan gambar – gambar geometrik (segitiga, lingkaran, persegi) simbol ini kurang ada kemiripan dengan obyek di lapangan.
2) Simbol piktorial / gambar adalah simbol yang menggunakan gambar sesuai dengan keadaan sebenarnya di lapangan (Kapal terbang = bandara, jangkar = pelabuhan laut).
3) Simbol huruf / angka adalah simbol yang menggunakan huruf atau angka.
b. Simbol garis.
Simbol ini terutama digunakan untuk mewakili obyek yang memanjang (rel kereta api, garis kontur, batas administrasi).
c. Simbol wilayah / luasan
Digunakan untuk menunjukkan luas (panjang / lebar). (persawahan)
d. Simbol warna.
Digunakan untuk menunjukkan wilayah tetapi berupa warna-warna tertentu.
10. Warna Peta
Warna dalam peta mencirikan keadaan objek tertentu, misalnya : warna biru untuk lautan/perairan, hijau untuk dataran rendah, kuning untuk dataran tinggi, coklat untuk pegunugan/gunung yang tinggi, merah untuk bentang hasil budi daya manusia, dan putih untuk puncak pengunungan salju. Dalam penggunaan warna ada kalanya menggunakan warna gradual, artinya warnanya sama tetapi tua mudanya berbeda. Contoh : laut memakai warna biru. Semakin dalam lautnya maka warnanya semakin tua.
11. Legenda
Legenda adalah keterangan dari symbol-simbol peta yang digunakan agar lebih mudah dipahami pembaca. Pada umumnya, legenda terletak di sisi kiri atau kanan bagian bawah suatu peta dan sebaiknya didalam garis tepi peta. Penempatan legenda ini murni didasarkan pada pendekatan kreativitas dan nilai keindahan seni kartografinya.
12. Lettering
Lettering adalah semua tulisan dan angka-angka yang tertera dalam suatu peta. Lettering juga berfungsi untuk mempertegas arti dar symbol-simbol yang ada. Lettering ini jangan terlalu banyak dan biasanya ditulis dengan huruf cetak kecil yang representative terhadap besarnya peta.
13. Jenis huruf Lettering
Pada dasarnya, setiap penamaan symbol atau kenampakan alam selalu digunakan huruf-huruf standar.
a. Judul peta ditulis dengan huruf cetak besar yang tegak. Tinggi huruf disesuaikan dengan besar peta.
b. Kenampakan di air misalnya sungai, laut, danau, rawa menggunakan huruf bersirip dan miring, besar kecilnya berdasarkan strategisnya.
c. Tulisan sungai ditulis memanjang sesuai dengan arah sungai. Untuk penulisan dapat diletakkan di bagian atas atau bawah sungai dengan jenis miring/italic.
d. Legenda ditulis dengan huruf cetak kecil dan diatur supaya baik untuk dilihat.
e. Kota-kota besar ditulis dengan huruf tegak dan cetak, lebih kecil dari judul peta. Untuk kota-kota kecil hurufnya juga harus lebih kecil lagi.