GEOGRAFI NEWS

GEOGRAFI NEWS : Geografi memiliki cabang ilmu, antara lain; geografi sosial, geografi ekonomi, geografi budaya, geografi politik, geografi fisik, geografi regional dan geografi teknik. GEOGRAFI NEWS : Pengertian geografi dalam arti sempit adalah ilmu tentang bumi GEOGRAFI NEWS : Geografi dalam arti luas adalah ilmu yang mempelajari tentang perbedaan dan persamaan fenomena geosfer dari sudut pandang kewilayahan dan kelingkungan dalam konteks keruangan. GEOGRAFI NEWS : Geografi memiliki 3 pendekatan, yaitu ; 1. pendekatan ekologi atau lingkungan, 2. pendekatan regional complex atau kewilayahan, 3. pendekatan spatial atau keruangan. GEOGRAFI NEWS : Geografi menerapkan 4 prinsip dasar, yaitu; 1. prinsip distribusi, 2. prinsip interelasi, 3. prinsip diskripsi dan 4. prinsip korologi. GEOGRAFI NEWS : geografi mengkaji 2 jenis objek, antara lain ; 1. objek material, 2. objek formal. GEOGRAFI NEWS : konsep geograf ; konsep jarak, konsep letak, konsep interaksi, konsep pola, konsep aglomerasi, konsep keterjangkauan, konsep defferensiasi area, konsep topografi.

Jumat, 07 Mei 2010

TATA SURYA ( THE SOLAR SYSTEM ) 2


a

Tata Surya adalah kumpulan benda-benda angkasa seperti; planet, satelit, asteroid, komet, debu cosmic dls yang berevolusi terhadap bintang ( matahari ).
Dalam Tata Surya kita terdapat 9 planet, beberapa planet ada yang memiliki satelit lebih dari satu, dewasa ini banyak perdebatan tentang jumlah planet dalam tata surya kita, ada yang mengatakan 10, ada yang menganggap pluto bukan planet melainkan yang ke sembilan adalah planet sedna dls. Menanggapi itu semua kita harus menggunakan dua pendekatan ,yaitu realita dan formal.
Sebagai pelajar dan pengajar sudah tentu mengikuti pendekatan formal sesuai dengan (silabus)kurikulum yang di tetapkan oleh pemerintah, namun kita juga jangan sampai terpasung pada pengetahuan yang sdh ada, hendaknya kita harus terus mencari dan membuka diri terhadap perkembangan pengetahuan yang semakin pesat ini seiring dengan proses globlisasi tekhnologi.
Tata surya kita merupakan bagian kecil dari galaxy Bima Sakti/Milky way. karena perbedaan luas yang sangat besar antara galaxy dengan tata surya maka satuan jarak yang digunakanpun berbeda, untuk Tata surya satuan jarak yang digunakan adalah satuan astronomi (SA) yaitu jarak antara bumi dengan matahari (kira-kira 150.000.000 Km ) sedangkan untuk galaxy digunakan satuan tahun cahaya. Berapa jarak satu tahun cahaya ...? Berpa kecepatan cahaya...? Silahkan para siswa jawab, jangan lupa cantumkan identitas dan no. absen anda ...!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar