GEOGRAFI NEWS

GEOGRAFI NEWS : Geografi memiliki cabang ilmu, antara lain; geografi sosial, geografi ekonomi, geografi budaya, geografi politik, geografi fisik, geografi regional dan geografi teknik. GEOGRAFI NEWS : Pengertian geografi dalam arti sempit adalah ilmu tentang bumi GEOGRAFI NEWS : Geografi dalam arti luas adalah ilmu yang mempelajari tentang perbedaan dan persamaan fenomena geosfer dari sudut pandang kewilayahan dan kelingkungan dalam konteks keruangan. GEOGRAFI NEWS : Geografi memiliki 3 pendekatan, yaitu ; 1. pendekatan ekologi atau lingkungan, 2. pendekatan regional complex atau kewilayahan, 3. pendekatan spatial atau keruangan. GEOGRAFI NEWS : Geografi menerapkan 4 prinsip dasar, yaitu; 1. prinsip distribusi, 2. prinsip interelasi, 3. prinsip diskripsi dan 4. prinsip korologi. GEOGRAFI NEWS : geografi mengkaji 2 jenis objek, antara lain ; 1. objek material, 2. objek formal. GEOGRAFI NEWS : konsep geograf ; konsep jarak, konsep letak, konsep interaksi, konsep pola, konsep aglomerasi, konsep keterjangkauan, konsep defferensiasi area, konsep topografi.

Senin, 26 Mei 2014

GEOGRAFI POLITIK

Geografi / Totok Endrawan / https://www.facebook.com/totok.endrawan


1.      Definisi geografi politik
a.       Menurut Nur Fitrianto (2010), geografi politik merupakan cabang geografi manusia yang bidang kajiannya adalah aspek keruangan pemerintahan atau kenegaraan yang meliputi hubungan regional dan internasional, pemerintahan atau kenegaraan dipermukaan bumi. Dalam geografi politik, lingkungan geografi dijadikan sebagai dasar perkembangan dan hubungan kenegaraan. Bidang kajian geografi politik relatif luas, seperti aspek keruangan, aspek politik, aspek hubungan regional, dan internasional.
b.      Menurut Sukma Perdana, S.Pd., M.T. (Tanpa tahun), jika politik diartikan sebagai pendistribusian kekuasaan (power) serta kewenangan (rights) dan tanggung jawab (responsibilities) dalam kerangka mencapai tujuan politik (nasional), maka geografi politik berupaya mencari hubungan antara konstelasi geografi dengan pendistribusian tersebut di atas. Hal ini disebabkan karena bagaimanapun juga pendistribusian itu harus ditebarkan pada hamparan geografi yang memiliki ciri-ciri ataupun watak yang tidak homogen di seluruh wilayah negara.
c.       
Geografi politik dapat didefinisikan sebagai studi perbedaan-perbedaan dan persamaan areal dilihat berdasarkan karakter politik sebagai bagian dari semua hubungan perbedaan-perbedaan dan persamaan areal yang ada. (Harshorne, 1954:178 ; Prescott, 1972:1 dalam Sri Hayati, Jurnal Online “Pengantar Geografi Politik: Perkembangan Teori Geografi Politik, Tokoh, Pendekatan, Siklus, dan Perkembangan Negara”)
d.      Menurut Taylor 2000:783 Geografi Politik (political geography) yang menekankan bahwa teritorial ditafsirkan sebagai hubungan mendasar antara kedaulatan negara dengan tanah air nasional yang terletak di jantung legitimasi dan praktik negara modern. Dimana hasilnya adalah analisis-analisis atas wilayah, kekuasaan dengan ruang yang terfokus yang berpusat pada Negara.
e.       Menurut Friederich Ratzel Geografi Politik menekankan kepada hubungan antara faktor fisis geografis dengan ras – ras di masing – masing negeri dan bentuk pemerintahannya ditentkan oleh alam. Paham Fisis Determinis.
f.       Menurut Otto Maul Geografi Politik adalah ajaran mengenai bentang alam sebagai ruang hidup politik dimana kehidupan negara berlangsung.

2.      Definisi geopolitik
a.       Menurut Daniel Sihasale S.Pd,M.Si (2010), geopolitik dimaknai sebagai ilmu penyelenggaraan negara yang setiap kebijakannya dikaitkan dengan masalah-masalah geografi wilayah atau tempat tinggal suatu bangsa.
b.      Menurut Sukma Perdana, S.Pd., M.T. (Tanpa tahun), geopolitik merupakan pengembangan dari Geografi Politik, dimana negara dipandang sebagai satu organisasi hidup yang berevolusi secara spatial dalam kerangka memenuhi kebutuhan masyarakat bangsanya atau tuntutan kebutuhan akan Lebensraum.Lebensraum (ruang hidup) yang secara eksplisit dikaitkan dengan perkembangan budaya bangsa teritorial dengan perluasan,
c.       Haushofer dalam Sukma Perdana, S.Pd., M.T., dalam artikelnya “Konsepsi Geopolitik”, menamakan Geopolitik sebagai satu science of the state yang mencakup bidang-bidang politik, geografi (ruang), ekonomi, sosiologi, antropologi, sejarah dan hukum dan pertama kali diuraikan dalam bukunya yang terkenal ’Macht und Erde’ (kekuasaan/power dan dunia).
d.    Menurut Richard Hennig GeoPolitik merupakan ajaran tentang kekuatan – kekuatan politik didalam keterkaitan kepada bumi dan penerapannya dimasa mendatang sehubungan dari hasil yang didapat dari study yang dilakukan oleh Geografi Politik.


3.      Persamaan Geopolitik dan Geografi Politik
a.       Adapun persamaannya berada pada lokus (batas atau tempat batasan) wilayah tertentu. (Heri Mohamad Tohari S. Fil, 2010).
b.      Geografi Politik dan Geopolitik sama mengkaji tata ruang di Bumi pada suatu Negara.
c.       sebagai dasar perkembangan suatu negara dan hubungan kenegaraan

4.      Perbedaan Geopolitik dan Geografi Politik
Menurut Heri Mohamad Tohari S.Fil (2010), geopolitik merupakan politik mengenai nation state sebuah negara atau wilayah tertentu. Sedangkan geografi politik adalah politik yang dibatasi letak geografi tertentu. seperti batas negara atau wilayah tertentu.
Perbedaan antara geografi politik dengan geopolitik terletak pada pemanfaatan ilmunya. Geopolitik dipelajari untuk member pemahaman dan menanamkan keberpihakan warga Negara terhadap negaranya dan Menurut Preston E James, GeoPolitik lebih merujuk kepada suatu organisme yang semakin berkembang. Artinya luas suatu negara dapat berkembang dengan kekuatan suatu negara, dan sebaliknya apabila kekuatan politk suatu negara tersebut lemah maka akan mudah direbut tertorinya oleh negara lain. Sedangkan Geografi Politik hanya menekankan kepada studi bentang alam. Sedangkan geografi politik mempelajari wilayah-wilayah politik (Negara) di dunia secara ilmiah tanpa dibebani oleh keinginan untuk menanamkan nilai tertentu sebagai warga Negara. Geografi politik mempelajari kekuatan suatu Negara dilihat dari kepemilikan sumber daya alam, penduduk, pemilihan umum, dan lain-lain yang di dalamnya terjadi interaksi antara manusia dan lingkungannya dalam lingkungan kehidupan politik. (Dr. Hj. Sri Hayati, M.Pd. dan Drs. Ahmad Yani, M.Si., 2007). Dan Richard Hennig, seorang profesor di Berlin berpendapat, sesungguhnya yang dipelajari oleh Geografi Politik adalah bentang alam di mana kehidupan negara berlangsung, namun ilmu tersebut adalah statis. Sehingga, menurutnya harus ada ilmu tentang bentang alam yang sifatnya dinamis, yaitu Geopolitik.

5.      Identifikasi isu isu terkait geografi politik
1.      Perebutan batas wilayah, pulau, laut, budaya antara Indonesia dengan Malaysia.
2.      Perebutan batas wilayah dan pulau antara Indonesia dengan Philipina
3.      Perebutan  pulau antara Indonesia dengan Singapur
4.      Perebutan Sumberdaya Minyak bumi antara AS dengan Irak


Tidak ada komentar:

Posting Komentar