GEOGRAFI NEWS

GEOGRAFI NEWS : Geografi memiliki cabang ilmu, antara lain; geografi sosial, geografi ekonomi, geografi budaya, geografi politik, geografi fisik, geografi regional dan geografi teknik. GEOGRAFI NEWS : Pengertian geografi dalam arti sempit adalah ilmu tentang bumi GEOGRAFI NEWS : Geografi dalam arti luas adalah ilmu yang mempelajari tentang perbedaan dan persamaan fenomena geosfer dari sudut pandang kewilayahan dan kelingkungan dalam konteks keruangan. GEOGRAFI NEWS : Geografi memiliki 3 pendekatan, yaitu ; 1. pendekatan ekologi atau lingkungan, 2. pendekatan regional complex atau kewilayahan, 3. pendekatan spatial atau keruangan. GEOGRAFI NEWS : Geografi menerapkan 4 prinsip dasar, yaitu; 1. prinsip distribusi, 2. prinsip interelasi, 3. prinsip diskripsi dan 4. prinsip korologi. GEOGRAFI NEWS : geografi mengkaji 2 jenis objek, antara lain ; 1. objek material, 2. objek formal. GEOGRAFI NEWS : konsep geograf ; konsep jarak, konsep letak, konsep interaksi, konsep pola, konsep aglomerasi, konsep keterjangkauan, konsep defferensiasi area, konsep topografi.

Jumat, 21 November 2014

GEOGRAFI MANUSIA DAN CABANG-CABANGNYA

Geografi / Totok Endrawan / https://www.facebook.com/totok.endrawan

A. Pengertian Geografi Manusia
Geografi Manusia atau Human Geography adalah studi tentang aspek keruangan, gejala-gejala yang terdapat di permukaan bumi yang mengambil manusia sebagai obyek pokok, termasuk kedalamnya aspek kependudukan, aktifitas sosial, aktifitas budaya, aspek ekonomi dan aspek politik.
Menurut Bintarto (1977), Geografi Manusia merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari tata laku manusia dalam lingkungan totalnya .
geografi manusia adalah salah satu dari dua cabang utama geografi (versus geografi fisik) dan sering disebut geografi budaya. geografi manusia adalah studi tentang aspek budaya banyak ditemukan di seluruh dunia dan bagaimana mereka berhubungan dengan ruang dan tempat di mana mereka berasal dan kemudian perjalanan sebagai orang-orang terus bergerak di berbagai daerah.

Beberapa fenomena budaya utama yang dipelajari dalam geografi manusia termasuk bahasa, agama, berbeda struktur ekonomi dan pemerintahan, seni, musik, dan aspek budaya lain yang menjelaskan bagaimana dan / atau mengapa orang fungsi seperti yang mereka lakukan di daerah di mana mereka tinggal. Globalisasi juga menjadi semakin penting untuk bidang geografi manusia seperti yang memungkinkan aspek-aspek tertentu dari kebudayaan untuk dengan mudah perjalanan di seluruh dunia.



lanskap budaya juga penting karena mereka terhubung budaya terhadap lingkungan fisik di mana orang hidup. Hal ini penting karena dapat membatasi atau memelihara pengembangan berbagai aspek budaya. Misalnya, orang yang tinggal di daerah pedesaan seringkali lebih budaya terkait dengan lingkungan alam sekitar mereka yang hidup dari yang di daerah metropolitan yang besar. Biasanya ini adalah fokus dari Tradisi Man-Tanah "" di Empat Tradisi geografi dan studi dampak manusia pada alam, dampak alam pada manusia, dan persepsi masyarakat terhadap lingkungan. 

Sejarah Geografi Manusia
Manusia geografi dikembangkan dari University of California, Berkeley dan dipimpin oleh Carl Sauer. Dia menggunakan lanskap sebagai unit mendefinisikan penelitian geografis dan mengatakan bahwa budaya berkembang karena lanskap tetapi juga membantu mengembangkan lanskap juga. Selain itu, karyanya dan geografi budaya saat ini sangat kualitatif bukan kuantitatif - penyewa utama geografi fisik.

Geografi Manusia Hari Ini
Hari ini, geografi manusia masih dipraktekkan dan yang lebih khusus bidang di dalamnya seperti geografi feminis, geografi anak-anak, studi wisata, geografi perkotaan, geografi seksualitas dan ruang, dan geografi politik telah dikembangkan untuk bantuan lebih lanjut dalam studi praktek-praktek budaya dan manusia kegiatan yang berkaitan dengan dunia spasial.
B. Cabang Ilmu Geografi Manusia
1.       Geografi budaya: Mempelajari norma, produk budaya, dan variasinya serta persebaran dan hubungannya sesuai perubahan tempat dan waktu.
2.       Geografi pembangunan: Mempelajari geografi dengan merujuk pada standar dan kualitas hidup manusia, serta lingkungan dan aktivitas ekonominya di seluruh dunia.
3.       Geografi ekonomi: Mempelajari hubungan antara lingkungan biofisik dengan sistem perekonomian, negara, dan hal- hal terkait.
4.       Geografi kesehatan: Menerapkan pengetahuan geografi dengan masalah kesehatan dan penyakit di seluruh dunia.
5.       Geografi sejarah: Mempelajari hubungan antara geografi fisik dan manusia di masa lalu yang direkonstruksi, untuk mempelajari perkembangan dan perubahan suatu wilayah dan berbagai bentuk perubahan dalam skala waktu.
6.       Geografi politik dan Geopolitik: Mempelajari unsur-unsur geografi yang berkaitan dengan sistem politik suatu negara, misalnya batas negara, ibu kota, wilayah bersengketa.
7.       Geografi penduduk atau Demografi: Mempelajari aspek geografis pada penduduk, seperti kemajemukan, pertumbuhan, dan persebarannya.
8.       Geografi agama: Mempelajari hubungan antara perkembangan agama dengan wilayah dan waktu.
9.       Geografi sosial: Mempelajari fenomena sosial yang berkaitan dengan geografi dan sosiologi.
10.    Geografi transportasi: Mempelajari hubungan antara manusia dan transportasi, serta pemakaian dan kecenderungannya.
11.    Geografi pariwisata: Mempelajari pariwisata sebagai industri, aktivitas manusia, dan pengalaman yang didapat dari suatu tempat.
12.    Geografi pemukiman: Mempelajari masalah perkembangan dan penataan pemukiman penduduk.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar